DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 9 BANJARMASIN PADA MATERI AJAR FISIKA MELALUI PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CHARTA.
PENGARANG:Sofia Rihamy
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan keterampilan prosedural kelas VIII F SMP Negeri 9 Banjarmasin membuat siswa kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPA bidang Fisika dan berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas dengan desain model Spiral oleh Hopkins yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui sintaks pengajaran langsung dengan menggunakan media pembelajaran Charta. Hal ini didukung dengan temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP yang diukur melalui lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, secara keseluruhan dari 80,83% menjadi 93,03%, (2) Hasil belajar siswa yang diukur melalui tes hasil belajar, secara klasikal dari 50,00% meningkat menjadi 91,17%. (3) Keterampilan prosedural siswa yang juga diukur melalui tes hasil belajar, dengan kriteria minimal terampil dalam menggambar meningkat dari 97,05% menjadi 100,00%; menuliskan variabel pada siklus I dan siklus II adalah sama 100,00%; menentukan rumus meningkat dari 64,70% menjadi 100,00%; menyelesaikan soal meningkat dari 47,05% menjadi 97,05%; dan memeriksa hasil yang diperoleh meningkat dari 55,88% menjadi 100,00%. Berdasarkan penelitian diperoleh simpulan cara meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengajaran langsung dengan media pembelajaran Charta yaitu: menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari, memberikan penekanan saat mendemonstrasikan pengetahuan deklaratif dan keterampilan prosedural pada fase II, membimbing pelatihan fase III, memberikan balikan dan penguatan hasil kerja siswa fase IV, membimbing siswa menyimpulkan pelajaran pada fase V, serta memperlihatkan hasil belajar siswa agar dapat mengetahui kekurangannya.
Kata kunci: Keterampilan prosedural, media pembelajaran Charta, pengajaran langsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI