DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) LKPD TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:EVI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


ABSTRAK

Pada abad ke-21 ini kehidupan berhadapan dengan berbagai bentuk permasalahan 

yang ada, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Pada abad saat ini, 

pendidikan mengalami perkembangan, yaitu perkembangan pendidikan digital 

atau yang dikenal dengan era evolusi industri 4.0 pada abad 21 sekarang ini. 

Berkaitan dengan pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini e?learning diperlukan tidak hanya pendidik yang terampil memanfaatkan teknologi 

serta teknologi untuk pembuatan bahan ajar, akan tetapi diperlukan suatu 

rancangan agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif. Penelitian ini 

bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan Culture Literacy Digital 

Wetland (CLDW) LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan 

konsep peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 8 Banjarmasin pada meteri 

perubahan lingkungan (2) Mendeskripsikan Penggunaan Culture Literacy Digital 

Wetland (CLDW) LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan 

generik sains konsep peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 8 Banjarmasin pada 

meteri perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi 

experimen dengan design The Non-equivalent Control Group Design untuk 

penguasaan konsep dan keterampilan generik sains. Sampel penelitian ini adalah 

peserta didik X MIPA 1 Sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas 

kontrol. Teknik analisis data untuk hasil penguasaan konsep menggunakan uji T

non parametrik yaitu Uji Mann-Whitney dan untuk hasil keterampilan generik 

sains menggunakan uji Independent Sampel T-Test .Hasil penelitian ini 

menunjukan (1) tidak terdapat pengaruh Penggunaan Culture Literacy Digital 

Wetland (CLDW) LKPD Konsep Perubahan Lingkungan Terhadap Penguasaan 

Konsep dan Keterampilan Generik Sains Peserta Didik (2) terdapat pengaruh 

Penggunaan Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) LKPD Konsep 

Perubahan Lingkungan Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik 

Sains Peserta Didik.

Kata KUNCI : CLDW, LKPD, penguasaan konsep, keterampilan generik sains, 

perubahan lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI