DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGGUNAAN CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) LKPD TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | EVI WULANDARI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-07-23 |
ABSTRAK
Pada abad ke-21 ini kehidupan berhadapan dengan berbagai bentuk permasalahan
yang ada, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Pada abad saat ini,
pendidikan mengalami perkembangan, yaitu perkembangan pendidikan digital
atau yang dikenal dengan era evolusi industri 4.0 pada abad 21 sekarang ini.
Berkaitan dengan pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini e?learning diperlukan tidak hanya pendidik yang terampil memanfaatkan teknologi
serta teknologi untuk pembuatan bahan ajar, akan tetapi diperlukan suatu
rancangan agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan Culture Literacy Digital
Wetland (CLDW) LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan
konsep peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 8 Banjarmasin pada meteri
perubahan lingkungan (2) Mendeskripsikan Penggunaan Culture Literacy Digital
Wetland (CLDW) LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan
generik sains konsep peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 8 Banjarmasin pada
meteri perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi
experimen dengan design The Non-equivalent Control Group Design untuk
penguasaan konsep dan keterampilan generik sains. Sampel penelitian ini adalah
peserta didik X MIPA 1 Sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas
kontrol. Teknik analisis data untuk hasil penguasaan konsep menggunakan uji T
non parametrik yaitu Uji Mann-Whitney dan untuk hasil keterampilan generik
sains menggunakan uji Independent Sampel T-Test .Hasil penelitian ini
menunjukan (1) tidak terdapat pengaruh Penggunaan Culture Literacy Digital
Wetland (CLDW) LKPD Konsep Perubahan Lingkungan Terhadap Penguasaan
Konsep dan Keterampilan Generik Sains Peserta Didik (2) terdapat pengaruh
Penggunaan Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) LKPD Konsep
Perubahan Lingkungan Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik
Sains Peserta Didik.
Kata KUNCI : CLDW, LKPD, penguasaan konsep, keterampilan generik sains,
perubahan lingkungan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI