DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Metode Earned Value Studi Kasus : Pemeliharaan Berkala Jalan Ruas Trans Kalimantan (Tideng Pale)
PENGARANG:GLEDIS CLAUDIA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


Proyek jalan merupakan sarana terpenting dalam transportasi darat untuk memudahkan akses perpindahan barang maupun manusia. sehingga di harapkan akses Jalan Malinau –Tana Tidung– Bulungan, Kalimantan Utara ini memberi sarana yang baik. Dibutuhkan sistem pengendalian proyek dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat untuk dapat mengendalikan proyek secara efektif dan efisien. Agar dapat menganalisis kinerja untuk setiap tingkat organisasi pengendali.

Metodologi dalam penelitian ini pertama menghitung Indikator PV, EV dan AC, kemudian menghitung Analisa Kinerja (CV, SV, CPI, dan SPI), Menghitung nilai Estimate To Complete (ETC), Menghitung nilai Estimate At Completion (EAC), Menghitung To Complete Performance index (TCPI), dan Menghitung Time Estimated (TE). Peninjauan dilaksanakan setiap bulan selama proyek berlangsung. Untuk mengetahui ketidak sesuaian terhadap biaya dan waktu pelaksanaan.

Hasil analisis penilitian ini didapatkan hasil dari grafik hubungan PV, EV dan AC dapat diketahui terjadi dua kondisi yaitu pada bulan April 2020 dan Juni 2020 nilai SV negatif yang artinya pekerjaan terlambat. Pada bulan April 2020 CV negatif yang artinya biaya diatas anggaran. kondisi pertama perlu dilakukan percepatan pekerjaan dengan cara menambah jam kerja maupun penambahan jumlah tenaga kerja jika diperlukan. Sedangkan kondisi kedua, kinerja pekerjaan sudah cukup baik dalam jadwal pelaksanaan, namun perlu dikontrol dalam pengeluaran biaya untuk pengadaan material serta biaya upah tenaga kerja.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI