DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA MATERI MATRIKS UNTUK KELAS XI SMA BERBANTU MEDIA SOSIAL “TIKTOK”
PENGARANG:RIZKA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


Media pembelajaran berupa video sudah banyak digunakan dalam pembelajaran, karena mempermudah siswa dalam belajar. Namun, tidak semua video disukai oleh siswa terutama jika video yang disajikan memiliki durasi yang sangat lama dan sulit diakses. Hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya motivasi belajar siswa. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti aplikasi TikTok yang kini sedang tren dikalangan anak muda. Dengan konsep video berdurasi pendek dan daya tarik dari platform tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan video pendukung pembelajaran pada materi matriks untuk kelas XI SMA berbantu media sosial TikTok yang valid. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development menggunakan model yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yaitu model 4D, namun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli, yaitu dua dosen prodi pendidikan matematika dan satu orang guru matematika SMA. Berdasarkan skor yang diberikan oleh tiga ahli diperoleh skor rata-rata dengan persentase sebesar 83,04% dengan kriteria cukup valid. Dengan demikian, kriteria kevalidan video pendukung pembelajaran pada materi matriks untuk kelas XI SMA berbantu media sosial TikTok telah tercapai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI