DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEKNIK KERAJINAN TANGAN KALUNG SASIRANGAN PADA ASPEK KEWIRAUSAHAAN DI MADS SASIRANGAN KELURAHAN SUNGAI LULUT, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:KHALIMAHTUSYAHDIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


Khalimahtusyahdiah. 2021. Teknik kerajinan tangan kalung sasirangan pada aspek kewirausahaan di mads sasirangan kelurahan sungai lulut, kabupaten banjar, kalimantan selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Edlin Yanuar Nugraheni, M. Sn. (II) M. Budi Zakia Sani, M. Pd.

Kata Kunci : Teknik Kerajinan, Sasirangan,  Aspek Kewirausahaan

Kerajinan tangan kalung sasirangan di Kalimantan Selatan pada kalangan pengrajin sasirangan baru pada Mads Sasirangan. Berdasarkan obyek tersebut peneliti mengangkat tentang Teknik Kerajinan Tangan Kalung Sasirangan Pada Aspek Kewirausahaan di Mads Sasirangan Kelurahan Sungai Lulut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dilihat dari teknik pembuatan dan aspek kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pembuatan kerajinan tangan kalung dari kain sasirangan dan faktor produksi kerajinan tangan aspek kewirausahaan yang ada di Mads Sasirangan. Penelitian ini menggunakna metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisisi data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : (1) teknik pembuatan kalung kain sasirangan dibagi dalam 2 bagian yaitu:  pekerjaan persiapan dan proses pembuatan, (2) Mads Sasirangan memiliki semua fakor produksi aspek kewirausahan yang terdiri dari jiwa kewirausahaan, sejarah berdirinya, kendala dalam  usaha, cara mempromosikan, pihak yang memesan, ikatan kerjasama, dan harapan kedepannya. Diharapkan Mads Sasirangan bisa lebih mengembangkan lagi inovasi dan kreatif dalam teknik serta produksi yang dihasilkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI