DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Materi Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Pada Buku IPS Peserta Didik Kelas VII
PENGARANG:YUSTIKA MULIASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


ABSTRAK

 

Yustika Muliasari, 2021. Analisis Materi Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Pada Buku IPS Peserta Didik Kelas VII. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd dan pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd

 

Ilmu ekonomi pada buku siswa kelas VII terdapat materi kelangkaan dan kebutuhan manusia. Materi kelangkaan dan kebutuhan manusia pada buku kelas VII memiliki beberapa kekurangan seperti tidak lengkapnya materi yang disajikan pada buku peserta didik kelas VII serta kurang memuat contoh-contoh gambar yang dapat memudahkan peserta didik memahami materi kelangkaan dan kebutuhan. Oleh karena itu, materi kelangkaan dan kebutuhan manusia dianalisis dengan kompetensi dasar (KD) agar hasil analisis dapat dijadikan bahan referensi tenaga pendidik, mahasiswa, penulis buku, serta peneliti. 

Tujuan penelitian ini yakni: 1) Mendeskripsikan materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi, 2) Mendeskripsikan materi kebutuhan manusia, 3) Mendeskripsikan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dengan kelangkaan dan kebutuhan, dan 4) Mendeskripsikan analisis kesesuaian materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi dan kebutuhan manusia dengan kompetensi dasar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Strategi pencarian literatur digunakan untuk penelusuran artikel dengan kata kunci dari empat rumusan masalah. Mekanisme penelusuran data diperoleh dari google scholar digunakan untuk mencari kata kunci dari empat rumusan masalah. Penelusuran data yang dihasilkan kemudian dianalisis dan disimpulkan pada hasil dan pembahasan.

 Berdasarkan penelitian ini peneliti meneliti kesesuaian ini dengan empat buku peserta didik dengan berbagai sumber. Ditemukan bahwa diantara empat buku tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan terhadap materi buku peserta didik. 1) Kelangkaan merupakan hal yang terjadi akibat manusia menginginkan kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas seperti kelangkaan sumber daya alam, kelangkaan sumber daya manusia, serta kelangkaan modal. 2) Kebutuhan merupakan keinginan manusia dalam mendapatkan serta mengkonsumsi barang dan jasa agar dapat terpenuhinya kebutuhan yang diinginkan, contohnya kebutuhan primer manusia seperti makan dan minum. 3) Produksi merupakan kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa atau kegiatan yang dapat menambah nilai kegunaan/manfaat suatu barang. Distribusi adalah proses menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen, barang yang telah diproduksi tentunya memiliki target yaitu konsumen. Konsumsi merupakan kegiatan memakai atau menggunakan barang dan jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. 4). Analisis materi dengan Kompetensi Dasar (KD) adalah materi yang disajikan dalam buku teks pada sub bab poin kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi belum lengkap sedangkan pada point kebutuhan manusia sudah lengkap.

Kata kunci: IPS, Ilmu Ekonomi, Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI