DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA BOLU GULUNG HJ. ENONG SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS BANJAR KECAMATAN MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR 1990-2019
PENGARANG:ANISA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


USAHA BOLU GULUNG HJ. ENONG SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS BANJAR KECAMATAN MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR 1990-2019. ( Oleh : Anisa Wulandarai ; Pembimbing I : Wisnu Subroto, S.S., M.A, dan pembimbing II : Melisa Prawitasari, M.Pd ).

 

Bolu gulung merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Martapura. Produksi dari Hj. Enong yang sangat dikenal oleh masyarakat Martapura, Kalimantan Selatan.

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan gambaran umum usaha dan perkembangan usaha, strategi pemasaran bolu gulung Hj. Enong sebagai oleh-oleh khas Banjar serta kontribusi usaha terhadap perekonomian masyarakat di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah. Metode tersebut terdiri atas 4 tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai objek yang diteliti dan sumber sekunder di dapatkan dari BPS Martapura Timur, Kelurahan Pekauman Ulu.

Hasil penelitian menjelaskan tentang gambaran umum usaha bolu gulung Hj. Enong yang berdiri sejak tahun 1990 yang dikelola sepasang suami istri yang bernama H. Abdul Hamid dan Hj. Norhayati, dan strategi pemasaran melalui mulut ke mulut dari satu orang ke orang lain, selain itu menitip jualkan di minimarket dan membuka cabang - cabang, serta kontribusi usaha yaitu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa usaha bolu gulung Hj. Enong berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan di masyrakat sekitar.

 

Kata kunci : Perkembangan usaha, Bolu gulung, Hj. Enong.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI