DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM VIDEO PEMBELAJARAN PJOK KD 3.1 DAN 4.1 KELAS VII SMP NEGERI 3 MARTAPURA PADA MASA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:ERLAN HENDRIX MARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


ERLAN HENDRIX MARDANI NIM. 1710122210011. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Video Pembelajaran PJOK Kd 3.1 Dan 4.1 Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura Pada Masa Pandemi COVID-19. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing: (I). Dr. Rahmadi, S.Pd., M.Pd. (II). Drs. H. M. Mulhim, M.Pd.

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam video pembelajaran PJOK Kd 3.1 dan 4.1 Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura tahun ajaran 2020/2021.

Metode dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif, statistik deskriptif adalah statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku secara umum.

Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru PJOK Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura, dan sampel yang digunakan adalah dua buah video pembelajaran PJOK Kd 3.1 dan 4.1 yang dibuat oleh guru PJOK Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura yang dipublikasikan pada channel youtube Dy Azka Channel.

Hasil Penelitian Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dapat disimpulkan: (1) Dalam indikator karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini pendidik sangat rendah, (2) Dalam indikator Tujuan pendekatan saintifik pendidik masih kurang baik membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah secara sistematik, (3) Dalam indikator prinsip pendekatan saintifik masih kurang baik berdasarkan data yang diperoleh dari dua buah video pembelajaran dalam penelitian, (4) Dalam indikator pendekatan saintifik dalam pembelajaran PJOK peserta didik kurang aktif dalam melakukan proses pembelajaran.

Saran Bagi Sekolah untuk senantiasa mencari informasi terkini tentang  pendekatan saintifik yang telah di gunakan dalam proses pembelajaran, Bagi Guru SMP Negeri 3 Martapura jika belum memahami pendekatan saintifik bisa mencari informasi dan mengikuti pelatihan atau seminar tentang penerapan pendekatan saintifik, Bagi Siswa dengan belajar menggunakan pendekatan saintifik ini, diharapkan siswa lebih aktif, kreatif, serta senang mengikuti pembelajaran PJOK sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. 

Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Video Pembelajaran PJOK

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI