DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN FOUR-TIERS TEST DIAGNOSTIC BERBASIS GOOGLE FORM
PENGARANG:RIZKI RAMADAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-23


Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tingkat pemahaman dan miskonsepsi peserta didik pada tiap indikator soal fluida statis yang teridentifikasi oleh FTTD berbasis Google Form. Tempat pelaksanaan di SMAN 7 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 dengan total responden 80 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal Four Tiers Test Diagnostic (FTTD) yang diinovasikan dengan Google Form. Data yang di peroleh kemudian di interpretasikan dengan tabel interpretasi dan di hitung presentasi tiap kategorinya di masing-masing tingkatan. Hasil penelitian diperoleh bahwa di kelas XI MIPA 6 maupun XI MIPA 7 persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi lebih besar daripada persentase peserta didik yang paham dan tidak paham. Kelas XI MIPA 6 terkategori miskonsepsi tingkat tinggi sedangkan kelas XI MIPA 7 terkategori miskonsepsi tingkat sedang. Menggunakan hasil penelitian yang diperoleh dapat menjadi bahan evaluasi bagi guru mengenai bagian dari materi fluida statis yang perlu pendalaman materi berlebih agar bisa mengurangi potensi terjadinya miskonsepsi dibagian tersebut pada masa yang akan datang.

 

Kata Kunci : FTTD, Google Form, Miskonsepsi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI