DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Persepsi Peserta Didik Terhadap Video Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK DI SMP Negeri 3 Martapura Selama Pembelajaran Daring
PENGARANG:HABIBIL KARIM SHOLIKHUR ROHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-24


ABSTRAK

HABIBIL KARIM SHOLIKHUR ROHMAN. NIM. 1710122210012. Persepsi Peserta Didik Terhadap Video Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK DI SMP Negeri 3 Martapura Selama Pembelajaran Daring. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Rahmadi, S, Pd, M, Pd. (II) Drs. Perdinanto, M. Pd.

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui persepsi peserta didik terhadap video pembelajaran mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 3 Martapura. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey kuantitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan disebarkan secara online menggunakan Google Form.Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Martapura yang berjumlah 224 peserta didik yang terdiri 7 ruang, yaitu kelas A, B, C, D, E, F dan G. Sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini sudah representatif, karena berjumlah 116 orang atau 52% dari total populasi yang berjumlah 224 orang.

Hasil penelitian di SMP Negeri 3 Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan di simpulkan  : Berdasarkan hasil dari penelitian persepsi peserta didik terhadap video pembelajaran mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 3 Martapura selama pembelajaran daring, dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap video pembelajaran tergolong cukup baik, dari delapan indikator terdapat satu indikator tergolong sangat baik (12,5%), tiga indikator tergolong baik (37,5%), dan empat indikator tergolong sedang (50%). Hal ini terbukti dari rincian hasil analisis data dilihat dari indikator kebergunaan termasuk dalam kategori sangat baik mencapai 85,20%, kepuasan termasuk dalam kategori baik mencapai 39,60%, kemudahan termasuk dalam kategori baik mencapai 33,50%, penyajian video pembelajaran termasuk dalam kategori baik mencapai 40,60%, pendapat terhadap video pembelajaran termasuk dalam kategori sedang mencapai 44,00%, menilai video pembelajaran termasuk dalam kategori sedang mencapai 58,60%, menerima video pembelajaran termasuk dalam kategori sedang mencapai 55,30%, dan penjelasan guru termasuk kategori sedang mencapai 56,00%.

 

Kata Kunci : Peserta Didik dan Video pembelajaran

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI