DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN PAJAK TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2017-2019)
PENGARANG:DEVI MONIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSTRAKSI

Devi Monika (2021). “Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas,  Pertumbuhan  Penjualan, dan Pajak Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2019). Pembimbing: Ayu Oktaviani

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh struktur aktiva, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, pajak terhadap struktur modal. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur aktiva, profitabilitas, pertumbuhan  penjualan, dan pajak. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur modal yang diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia/BEI pada periode 2017-2019. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan pertambangan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 25 dan EViews versi 10.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aktiva berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0.0010<0.05. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0.0229< 0.05. Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh  terhadap struktur modal, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0.6627>0.05. Pajak tidak berpengaruh terhadap struktur modal, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0.0770>0.05.

Kata kunci: struktur modal, struktur aktiva, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, pajak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI