DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MAKNA PESAN POLITIK PADA ILUSTRASI PRESIDEN JOKOWI DALAM SAMPUL MAJALAH TEMPO (Analisis Pesan Politik Sampul Majalah Tempo Edisi Agustus-Oktober 2019)
PENGARANG:NURKHALIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSTRAK

Nur Khalizah 1610414120019. 2020. Makna Pesan Politik Pada Ilustrasi Presiden Jokowi Dalam Sampul Majalah Tempo (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Ilustrasi Sampul Majalah Tempo Edisi Agustus-Oktober 2019), dibimbing oleh Fahrianoor dan Siswanto Rawali.

Ilustrasi pada sampul majalah menjadi salah satu media massa yang dapat digunakan untuk menyampaikan suatu pesan mengenai berbagai isu-isu dan fenomena yang terjadi disekitar serta memiliki kekuatan yang hebat sebagai sarana komunikasi visual yang dapat mempengaruhi opini dan tindakan publik. Ilustrasi biasa bermuatan pesan dan kritik sosial mengenai permasalahan penting di kehidupan masyarakat dan selalu berfokus pada sasaran tertentu yang disampaikan secara ringkas dan humoris namun tajam. Ketajaman ini lah yang menjadi permasalahan akibat perbedaan persepsi dan perbedaan makna pesan yang diterima hingga menimbulkan hambatan pada proses komunikasi yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan politik yang terkandung di dalam ilustrasi sampul majalah Tempo.  

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis yang digunakan adalahh model semiotika Charles Sanders Peirce yang di dalamnya terdapat hubungan triadik yaitu ground, object, dan interpretant.

Setelah melihat dan menganalisis dari enam ilustrasi sampul majalah yang diteliti, maka kesimpulannya berupa petanda yang muncul pada sampul majalah Tempo memiliki makna pesan politik mengenai kritik-kritik kepada kebijakan yang dilakukan Presiden Jokowi diantaranya perubahan nomenklatur yang dinilai dapat menghambat kerja kementrian, kekecewaan yang terjadi pada kebijakan revisi Undang-Undang KPK yang dilakukan Presiden Jokowi, harapan dari para korban bencana kebakaran hutan dan lahan kepada Presiden Jokowi, kebijakan revisi Undang-Undang KPK yang menimbulkan konflik di masyarakat sampai internal pemerintahan serta menjadi boomerang untuk Presiden Jokowi sendiri, tarik ulur yang dilakukan Presiden Jokowi dalam pergerakannya mengeluarkan Perppu KPK serta peralihan isu di tengah permasalahan Perppu KPK dengan isu perlawanan radikalisme.

Kata kunci: Pesan Politik, Ilustrasi, Majalah Tempo, Presiden

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI