DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KB DALAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA/UPPKS di KAMPUNG BAIMAN KELURAHAN SUNGAI JINGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ROFIAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSTRAK

Rofian Noor, 1710411610039, 2021 “Implementasi Program Kampung KB Dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera/UPPKS di Kampung Baiman Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin”. Dibawah bimbingan pembimbing Widyakanti.

UPPKS merupakan kelompok kegiatan pendukung KB yang anggotanya terdiri dari Keluarga Sejahtera I, dalam rangka peningkatan kesejahteraan keluarga melalui kegiatan kewirausahaan. Kelompok yang digagas BKKBN pada tahun 1976 ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga KB agar dapat hidup lebih sejahtera.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui implementasi program UPPKS Hikmah Sasirangan yang dilaksanakan oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (2) Untuk mengetahui faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi program UUPKS Hikmah Sasirangan Kampung KB Kampung Baiman oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah UPPKS Hikmah Sasirangan Kampung KB Kampung Baiman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi UPPKS Hikmah Sasirangan Kampung KB Kampung Baiman oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan belum berjalan dengan baik. (2) Faktor penghambat (internal) implementasi program UPPKS ini yaitu kurangnya modal usaha yang bersumber dari pemerintah dan kurangnya pelatihan dari pemerintah. Faktor penghambat (eksternal) implementasi program UPPKS ini yaitu pemanfaatan dana pinjaman yang belum maksimal dan keterlambatan pengembalian dana pinjaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI