DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN e-LKPD TOPIK BIOLOGI IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs KELAS VIII
PENGARANG:ARDELA ANGGERENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


 

 

Ardela Anggereni, 2021. Pengembangan e-LKPD Topik Biologi IPA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTs Kelas VIII. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) H. Aminuddin Prahatama Putra dan (II) Hj. Atiek Winarti

 

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan e-LKPD, Topik-Topik Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis

 

Pengembangan LKPD elektronik menjadi inovasi alternatif untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan e-LKPD Topik-Topik Biologi IPA SMP kelas VIII yang dikembangkan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan evaluasi formatif yang menggunakan desain Tessmer. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri (self evaluation), uji pakar (expert review), uji perorangan (one-to-one), uji kelompok kecil (small group) dan uji lapangan (field test). Lokasi penelitian untuk uji validitas di Universitas Lambung Mangkurat, sedangkan uji kepraktisan dan qkeefektifan dilakukan di MTsN 3 Hulu Sungai Tengah. Subjek penelitian untuk uji validitas adalah 3 orang ahli, untuk uji perorangan 3 orang peserta didik, untuk uji kelompok kecil 7 orang peserta didik dan untuk uji lapangan sebanyak 20 peserta didik. Data validitas bahan ajar e-LKPD yang dikembangkan diperoleh dari data Validasi ahli terhadap produk, kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menghitung rata-rata (mean). Data uji one to one peserta didik dianalisis secara deskriptif dan diukur dengan cara menghitung skor, sedangkan analisis data kepraktisan dianalisis secara deskriptif meliputi keterlaksanaan maupun kepraktisan harapan dan kepraktisan aktual yang dilakukan di akhir pembelajaran dengan memberikan peserta didik angket respon. Analisis data keefektifan harapan dan kefektifan aktual dilakukan secara deskriptif terhadap hasil rataan nilai peserta didik yang diperoleh dari hasil e-LKPD dan hasil nilai evaluasi keterampilan berpikir kritis sebelum diberikan e-LKPD dan keterampilan berpikir kritis setelah diberikan e-LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan dinyatakan efektif untuk melatihkan keterapilan berpikir kritis berdasarkan hasil keefektifan harapan dan aktual serta hasil belajar peserta didik tergolong tinggi dilihat dari skor N-Gain

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI