DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PERTUMBUHAN PENGUNJUNG EKOWISATA TAHURA SULTAN ADAM MANDIANGIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:HAIRUL FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan pengunjung dengan variabel kualitas pelayanan, biaya/harga dan fasilitas terhadap pertumbuhan pengunjung ekowisata Tahura Sultan Adam Mandiangin. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara secara online terhadap wisatawan yang dilakukan selama beberapa bulan sampai mencapai target jumlah responden.Untuk melihat adanya pengaruh kepuasan pengunjung terhadap pertumbuhan pengunjung digunakan analisis regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kualitas pelayanan (X1) dengan nilai rata-rata 3,69 yang artinya rata-rata pengunjung merasa puas tetapi tidak mempengaruhi pertumbuhan pengunjung (Y), biaya/harga (X2) dengan nilai rata-rata 3,74 yang artinya rata-rata pengunjung merasa puas tetapi tidak mempengaruhi pertumbuhan pengunjung (Y) dan fasilitas (X3) dengan nilai rata-rata 4,10 yang artinya rata-rata pengunjung merasa puas tetapi tidak mempengaruhi pertumbuhan pengunjung (Y), sehingga diindikasikan ada variabel dan indikator lain yang mempengaruhi pertumbuhan pengunjung. Variabel dan indikator lain tersebut bisa dari faktor internal seperti geografis atau keunikan dari Tahura Sultan Adam Mandiangin dan faktor eksternal seperti persepsi wisatawan dalam memilih wisata yang ingin mereka kunjungi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI