DIGITAL LIBRARY



JUDUL:WARUNG DAN TRADISINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Desa Banua Hanyar, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan)
PENGARANG:ZAINAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

ZAINAL, 2021. Tradisi mawarung sebagai sumber belajar (Desa Banua Hanyar, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM, Pembimbing II: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd

 

 

 

Pembelajaran ekonomi dalam pelaksanaanya guru kurang memanfaatkan lingkungan sekitarnya untuk dijadikan sumber belajar berbasis kearifan lokal sehingga materi pembelajaran dipandang oleh siswa terlalu teoritis dan kurang memiliki pengaruh dalam kehidupan mereka secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang terjadi pada tradisi Mawarung dalam kehidupan masyarakat desa Banua Hanyar, (2) Menganalisis pengintegrasian tradisi mawarung dalam kurikulum ekonomi SMA kelas X pada materi Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi, dan (3) Menggambarkan pemanfaatan mawarung dulu dan sekarang.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di desa Banua Hanyar, kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan subjek penelitian dalah masyarakat desa Banua Hanyar. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas-aktivitas dalam tradisi mawarung baik ekonomi atau non ekonomi yang dapat dijadikan sumber belajar.

 

Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal berikut: (1) Masyarakat desa Banua Hanyar masih menggunakan warung untuk kegiatan konsumsi. Pada usia anak-anak warung digunakan sebagai kebutuhan sekunder yaitu hanya sekedar iku berbelanja dengan orang tua. Usia produktif yaitu untuk kegiatan bersosialisasi, berkumpul dan kegiatan lainnya. Sedangkan usia non produktif warung dijadikan sebagai pemuas hobi yaitu mawarung. (2) Tradisi Mawarung dapat dijadikan sumber belajar ekonomi pada Kompetensi Dasar 3.3 menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi pada materi kegiatan konsumsi. (3) Dulu mawarung dijadikan pilihan utama untuk sarapan dan tempat berkumpul. Sekarang hanya digunakan sebagai tempat belanja lalu pulang karena perubahan gaya hidup anak muda sekarang.

 

 

Kata kunci: Tradisi Mawarung, Sumber Belajar, Perilaku Konsumsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI