DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Pembelajaran PJOK di Lahan Basah Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Aspek Sosiologis Di Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas
PENGARANG:ILHAM FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSRAK

Ilham Fauzi. 2021. Implementasi Pembelajaran PJOK di Lahan Basah pada saat 

Pandemi Covid-19 di Tinaju dari Sosiologis Di Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten 

Kapuas. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga, dan 

Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. 

Pembimbing : (I) Dr. Rahmadi, M.Pd. (II) Dr. Tri Irianto , M.Kes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran pjok di 

lahan basah pada saat pandemi covid 19 di tinjau dari aspek sosiologis di kecamatan 

kapuas timur kabupaten kapuas.

Penelitian ini mengunakan metode penelitian ex post facto. Teknik pengambilan 

sampel menggunakan cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 38 siswa dan 

38 orang tua siswa di SDN 2 di Anjir Serapat Barat, 58 siswa dan 58 orang tua siswa di 

SMPN 1 Kapuas Timur, 93 siswa dan 93 orang tua siswa di SMAN 1 Kapuas Timur 

Kabupaten Kapuas. Menggunakan instrumen berupa kuesioner. Dalam penelitian ini 

peneliti menggunakan teknik data mixed method dalam menganalisis data yang diperoleh 

dari observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Penyajian data menggunakan tabel dan 

diagram.

Hasil peelitian implementasi pembelajaran pjok di Daerah Lahan Basah pada 

masa pandemi covid-19 di tinjau dari aspek sosilogis di Kecamatan Kapuas Timur

Kabupaten Kapuas. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif dengan 

metode ex post facto. Sampel dari penelitian ini yaitu SDN 2 Anjir Serpat Barat, 

SMPN 1 Kapuas Timur, dan SMAN 1 Kapuas Timur. Berdarsarkan data autentek 

implementasi pembelajaran daerah lahan basah di Kecamatan Kapuas Timur 

Kabupaten Kapuas sangat di pengaruhi oleh faktor sosiologis. Berdarsarkan proses 

belajar mengajar ( PBM ) yang dilaksanakan di sekolah SD, SMP, dan SMA di 

Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas adalah baik, hal ini di buktikan dengan 

kesesuaian data kuesioner dengan instrumen proses belajar mengajar ( PBM ). 

Sedangkan sosiologis siswa rata rata semua indikator berperan terhadap proses belajar 

mengajar ( PBM ) di tinjau dari letak geografis lahan basah rawa, pinggiran sungai di 

daerah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Dari analisis data hasil 

penelitian dapat disimpukan bahwa implementasi pembelajaran PJOK di daerah lahan 

basah pada saat pandemi covid-19 sangat di pengaruhi oleh faktor sosiologis beserta 

letak geografis.

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran PJOK, Lahan Basah, Pandemi Covid-19, 

Aspek Sosiologis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI