DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN MODEL TALKING STICK DIKOMBINASI DENGAN MODEL DIRECT INTRUCTION PADA ANAK KELOMPOK B TK AL IKHLAS II SUNGAI ANDAI BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR ASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSTRAK

 

NOOR ASIAH 2020. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10 Dengan Model Direct Instruction Dikombinasi Dengan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B TK Al Ikhlas II Sungai Andai Banjarmasin. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Sutiyarso, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aspek Kognitif, Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10 Dengan Model Direct Instruction  Dikombinasi Dengan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B TK Al Ikhlas II Sungai Andai Banjarmasin. Fakultas

 

Permasalahan pada penelitian ini disebabkan oleh pembelajaran yang belum maksimal serta media yang digunakan hanya buku paket saja sehingga menyebabkan anak tidak tertarik dan mereka lebih memilih bercanda dan berbicara sesama teman yang mengakibatkan anak kurang paham dengan pelajaran yang diberikan. Serta masih rendahnya kemampuan anak pada aspek  kognitif, dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10. Untuk mengatasi hal tersebut di gunakan Model Direct Instruction dikombinasi Dengan ModelTalking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan kogntitif dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriftif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam empat pertemuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada anak kelompok B TK Al Iklash II Sungai Andai Banjarmasin dengan jumlah anak 18 orang yang terdiri dari anak laki-laki ada 6 orang dan anak perempuan ada 12 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas anak, sedangkan data kuantitatif berupa lembar hasil karya anak untuk hasil belajar anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dikatakan berhasil apabila aktivitas guru sangat baik, aktivitas anak adalah aktif, dan hasil pencapaian perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Direct Instruction dikombinasi dengan Model Talking Stick pada upaya pengembangan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori Sangat Baik. Pada aktivitas anak dinyatakan berhasil dengan kategori Sangat Aktif dan pada pengembangan belajar anak secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Saran untuk guru PAUD adalah agar mencoba menggunakan model pembelajaran ini sebagai salah satu upaya untuk dapat mengembangkan hasil belajar anak pada aspek kognitif dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI