DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN DAN PELESTARIAN OBYEK WISATA SEJARAH BENTENG TUNDAKAN KECAMATAN AWAYAN
PENGARANG:MUHAMMAD ANSYARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSTRAK

            Muhammad Ansyari 1610413610019 “Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan dan Pelestarian Obyek Wisata Sejarah Benteng Tundakan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan”. Di bawah bimbingan Ellisa Vikalista

            PeneIitian ini bertujuanuntuk menguraikan peran pemerintah daerahdaIam pengembangandan peIestarian obyek wisata sejarah Benteng Tundakan Kabupaten Balangan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan peneIitian yang dilakukan memakai tipe peneIitian deSkriptif. Teknik pengumpuIan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun informan penelitian yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, juru pelihara obyek wisata Benteng Tundakan, wisatawan dan masyarakat sekitar obyek wisata Benteng Tundakan.

Hasil peneIitian menunjukan bahwa peran pemerintah daerah daIam pengembangan dan peIestarian obyek wisata sejarah Benteng Tundakan Kabupaten Balangan kurang maksimal. Hal tersebut dinilai dari indikatQr dari pengembangan pariwisata menurut konsep Pitana dan Gayatri mengemukakan yaitu motivator, fasilitator dan dinamisator. Sebagai motivator dalam memberikan motivasi belum maksimal karena program seperti pembinaan, pelatihan dan sosialisasi tidak terlaksana terlihat dari tidak adanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), sebagai fasilitator dalam penyediaan sarana prasarana belum maksimal terlihat dari sarana yang tersedia rusak juga tidak lengkap seperti tidak adanya toilet tetapi dalam promosi menggunakan media sosial cukup baik  dan sebagai dinamisator dalam melakukan kerja sama dengan pihak lain cukup baik tetapi hanya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan dari pihak swasta/investor maupun dinas lain tidak ada.

Saran penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan perlu mengadakan pembinaan secara bertahap seperti sosialisasi, pelatihan atau pendampingan dan studi banding. Memperbaiki dan meningkatkan sarana prasarana serta memberi sentuhan lain lagi dengan menggunakan dana dari desa ataupun dari swasta. Membuat kerja sama dengan perusahaan yang ada di daerah dengan menggunakan dokumen legal atau disebut Memorandum Of Understanding (Mou) mengenai kerja sama dengan pihak-pihak swasta.

                                                                                                                 

 

Kata Kunci :  Peran Pemerintah Daerah, Benteng Tundakan, Kabupaten

Balangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI