DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengapa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota Relatif Rendah?
PENGARANG:RAHAINAH ANGGRAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-26


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi PDRB, Jumlah Penduduk, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten dan Kota di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitianini adalah data sekunder dari tahun 2012-2019 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Kementrian Keuangandengan jumlah 473 Kabupaten dan Kota. Metode Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel denganpengujian asumsi klasik.

Berdasarkan hasil uji multikolinearitas masing-masing variable mempunyai nilai koefisien korelasi 0,9 yang berarti tidak ada multikolinieritas antar variabel bebas dalam model. Berdasarkan hasil uji Heteroskedastisitas untuksemua variabeindependen lebih besar dari 0,05. Dengan demikian secara keseluruhan variabel independen dalam model regresi bebas dari masalah heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil uji autokorelasi maka diketahui nilai durbin-watsonyaitu sebesar 1,812978. Karena nilai Durbin Watson berada di antara -2 dan 2 maka model regresi tidak mengandungautokorelasi.

Berdasarkan hasil uji Regresi Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Nilai Koefisien determinasi(r²) untuk Y sebesar 95,48% sedangkan sisanya sebesar 4,52% dipengaruhi faktor lain di luar model regresi tersebut.

Berdasarkan hasil uji F terlihat dari nilai probabilitas yaitu sebesar 0,00000 yang lebih kecil dari tingkatsignifikansi sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antar semuavariable secara simultan terhadap (Y). Sedangkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa pdrb, pajak daerah dan retribusi daerah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah. Sedangkan jumlah penduduktidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Kata Kunci : PAD, PDRB, JumlahPenduduk, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI