DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KONTRIBUSI, EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK DAERAH TERHADAP PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN BARITO KUALA (Periode 2014 sampai dengan 2019)”.
PENGARANG:SETYO EDY SAPUTRO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


Abstrak

Penelitian ini berujuan mengetahui tingkat kontribusi, efisiensi dan efektivitas penerimaan pajak daerah Kabupaten Barito Kuala terhadap Pendapatan Asli daerah maupun Pajak Daera di Kabupaten Barito Kuala. Pajak daerah yang termuat dalam pendapatan asli daerah dibenankan untuk masyarakat daerah oleh pemerintah daerah tanpa timbal balik  yang bersifat langsung dari pajak yang telah dibayarkan.

Penelitian ini deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis kontribusi, efisiensi dan efektivitas menggunakan data sekunder yang bersumber dari Laporan Realisasi anggaran yang diperoleh dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Barito Kuala.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa di Kabupaten Barito Kuala tingkat kontribusi terhadap pajak daerah dan pendapatan asli daerah yang paling besar adalah BPHTB yang diikuti oleh Pajak Penerangan Jalan. Efisiensi penerimaan dapat dikatakan efisien karena pungutan pajak daerah berada dibawah angka 40%. Efektivitas pajak keseluruhan sangat efektif karena melebihi angka 100%.

Kata Kunci: Kontribusi, Efisiensi dan efektivitas, pendapatan asli daerah dan Pajak Daerah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI