DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN KETIMPANGAN EKONOMI DAERAH ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MALIKA BADRIYA SOBARY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


Penelitian ini bertujuan untuk (1)  menganalisis klasifikasi masing-masing daerah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur berdasarkan tipologi Klassen; (2) menganalisis perbandingan tingkat ketimpangan ekonomi daerah di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Unit analisis dalam penelitian ini ialah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan dengan periode data dari tahun 2015-2019. Metode yang digunakan adalah analisis Tipologi Klassen dan Indeks Williamson. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indeks Williamson pada Kalimantan Timur berkisar antara angka 0,4796 – 0,5216 sedangkan Kalimantan Selatan berkisar antara angka 0,4353 – 0,4686. Hal ini menunjukkan baik Kalimantan Timur maupun Kalimantan Selatan masih berada dalam kategori ketimpangan menengah. Dilihat dari analisis Tipologi Klassen daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur lebih maju dibandingkan dengan Kalimantan Selatan. Terlihat tidak ada daerah yang berada pada kategori kuadran I di Kalimantan Selatan dan pada kategori kuadran IV Kalimantan Timur memiliki 2 daerah, sedangkan Kalimantan Selatan ada 3 daerah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI