DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN, TINGKAT KEMISKINAN, DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RAHIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel pengeluaran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kesehatan, tingkat kemiskinan, serta pendapatan perkapita terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Banjarmasin. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder time series periode tahun 2010 – 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengeluaran pemerintah bidang pendidikan dan kesehatan, tingkat kemiskinan, serta pendapatan perkapita secara simultan berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Secara parsial menunjukkan bahwa variabel pengeluaran pemerintah bidang pendidikan dan pendapatan perkapita berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Sementara itu, variabel pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan tingkat kemiskinan secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap indeks pembangunan manusia.

 

Kata Kunci: Pengeluaran Bidang Pendidikan; Pengeluaran Bidang Kesehatan; Tingkat Kemiskinan; Pendapatan perkapita; Indeks Pembangunan Manusia.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI