DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tinjauan Daya Dukung Fondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:PHILIA NOVIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


Proyek Pembangunan Laboratorium Provinsi Kalimantan Selatan dibangun sebagai sarana kesehatan untuk melakukan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan yang bukan berasal dari manusia. Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan ini dibangun di Jalan Bumi Mas Raya yang mana kondisi tanah dasarnya berupa tanah rawa yang memiliki nilai daya dukung gesek lebih kecil dan juga perencanaan fondasi pada gedung ini menggunakan tiang pancang square pile.

Pada Gedung Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan fondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang dengan 3 tipe Pile Cap yang berbeda. Tinjauan yang dilakukan adalah penghitungan ulang pada gaya yang bekerja baik vertikal maupun horizontal, penurunan berdasarkan data rencana hingga geser dua arah pada pondasi.

Untuk menghitung daya dukung yang akan memikul beban vertikal digunakan metode Suyono Sosrodarsono, untuk lateral digunakan metode Davisson dan Gill, didapatkan daya dukung vertikal tiang tunggal sebesar 898 kN, fondasi tiang pancang ukuran 30 cm x 30 cm dengan kedalaman fondasi sebesar 36 m. Penurunan pada bangunan ini di lakukan dengan perhitungan penurunan segera dan diperoleh hasil maksimum sebesar 0,0457 m dibandingkan dengan syarat aman penurunan menurut SNI 8460:2017. Untuk kontrol geser dua arah menunjukan hasil yang aman pada tiap tipe Pile Cap dengan fVc >Vu.

 

Kata Kunci: Gaya Vertikal, Gaya Horizontal, Penurunan, Geser Dua Arah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI