DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Ketersediaan dan Serapan Nitrogen Pada Tanaman Cabai Rawit Hiyung di Lahan Rawa Lebak yang Diaplikasi Pupuk Kandang Sapi dan Kotoran Walet
PENGARANG:SYIFA NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaandan serapan nitrogen (N) pada tanaman Cabai Rawit Hiyung di lahan rawa lebak dengan pemberian pupuk kandang sapi dan kotoran walet. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahuiperlakuan terbaik pada kombinasi pupuk kandang sapi dan kotoran walet terhadap ketersediaan N dan serapan N pada tanaman Cabai Rawit Hiyung.Penelitian dilaksanakan di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapinpada bulan April sampai dengan Juli 2020. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan enam tingkat perlakuan, yaitu : 1) 0 kg N ha-1, 2) Pupuk kandang sapi 100 kg N ha-1, 3) Kotoran Walet 100 kg N ha-1, 4) Pupuk kandang sapi 50 kg N ha-1 + Kotoran walet 50 kg N ha-1, 5) Pupuk kandang sapi 75 kg N ha-1 + Kotoran walet 25 kg N ha-1, 6) Pupuk kandang sapi 25 kg N ha-1 + Kotoran walet 75 kg N ha-1. Parameter penelitian sebelum perlakuan (awal) meliputi: pH, KTK, N-total, C-organik, dan N-tersedia: NO3-, NH4+.Parameter penelitian setelah aplikasi perlakuan berupa pH, C-organik, N-total, dan N-tersedia : (NO3- dan NH4+) Parameter penelitian untuk tanaman berupa kandungan N-tanaman, berat kering tanaman, dan serapan N.

   Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang sapi dan kotoran walet berpengaruh nyata terhadap ketersediaan N pada tanah dan serapan N oleh tanaman. Perlakuan terbaik pada pemberian pupuk kandang sapi 25 kg N ha-1 + kotoran walet 75 kg N ha-1 dengan ketersediaan N tanah dan serapan N tanaman paling tinggi serta memberikan pengaruh terbaikpada hampir seluruh parameter pengamatan yaitu pH, C-organik, N-total, rasio C/N, N-tersedia tanah, berat kering tanaman, dan serapan N tanaman.

 

Kata kunci : Lahan Rawa Lebak, Pupuk Kandang Sapi, Kotoran Walet, Ketersediaan N, Serapan N, Cabai Rawit Hiyung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI