DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KOPERASI WANITA AL BAROKAH TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DESA RIBANG KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG)
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI NOORAZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


ABSTRAKSI

Muhammad Rizki NoorAzmi (2021). Peranan Koperasi Wanita Al Barokah Terhadap Pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus Desa Ribang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong). Pembimbing Drs. Nasruddin, ME.

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui PerananKoperasi Wanita Al Barokah Terhadap Pemberdayaan Perempuan (StudiKasus Desa Ribang Kecamatan Muara Uya). (2) Apa dukungan dan hambatan dalam pemberdayaan perempuan oleh koperasi wanita Al-Barokah.

Data yang diambil oleh penelitian ini menggunakan data primer dengan anggota Koperasi Wanita Al Barokah dengan jumlah 75Orang.Sumber data didapat dari Koperasi Wanita Al Barokah Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini yaitu Koperasi Wanita Al-Barokah dalam pemberdayaan perempuan memiliki peran sebagai wadah untuk peminjaman modal usaha dan  mengembangkan keterampilan untuk menambah penghasilan. Dalam Peminjaman modal para anggta memanfaatkan untuk membuka warung kecil-kecilan serta pembelian bibit karet. Peningkatan keterampilan yang dimaksud adalah program pelatihan menjahit yang mana mampu membantu anggota koperasi mendapatkan penghasilan tambahan.Semua program yang telah dilakukan adalah hasil dari keinginan dan diskusi para anggota, meskipun sesuai dengan kehendak para anggota, masih ada hambatan yang terjadi. Salah satunya terjadi penunggakan pelunasan modal serta adanya anggota yang kurang disiplin dalam membayar iuran bulanan. Hal ini menyebabkan uang kas koperasi semakin berkurang.

Kata Kunci :    Peranan, Pemberdayaan Perempuan, Koperasi Wanita

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI