DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN SISWA SMP NEGERI 7 BANJARMASIN
PENGARANG:RAUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


ABSTRAK

 

Raudah. 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, Pembimbing (II) Muhammad Elmy

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Siswa

Lingkungan keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak sebelum mengenyam pendidikan di sekolah. Pola asuh orang tua dalam membesarkan anaknya membentuk dan mempengaruhi pola sikap anak dikemudian hari. Kedisiplinan siswa di  SMP Negeri 7 Banjarmasin dapat kita lihat dari pola asuh yang diajarkan oleh orang tua di lingkungan keluarganya dan memberikan dampak di sekolah.

Masalah penelitian ini adalah bagaimana orang tua siswa yang berbeda latar belakang baik dari profesi, pendidikan serta berbeda dalam menerapkan pola asuh mereka sehingga dapat dilihat kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua di rumah dalam mendidik anak sehingga melihat perilaku tingkat prilaku kedisiplin siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin, serta menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua di rumah terhadap prilaku disiplin siswa di sekolah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini 220 responden siswa kelas XII di SMP Negeri 7 Banjarmasin dengan sampel yang diambil berjumlah 142 responden. Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Solvin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji t dan uji f.

Hasil penelitian pengaruh pola asuh orang tua dengan kedisiplian di SMP Negeri 7 Banjarmasin menghasilkan 1) pola asuh otoriter nilai sebesar yaitu 41.54% dalam kategori sedang, 2) pola asuh demokratis nilai sebesar 24.46% dalam kategori kurang, 3) pola asuh permisif nilai sebesar 21.83% dalam kategori kurang.

Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disarankan agar orang tua dalam lingkungan keluarga harus belajar pola asuh yang benar untuk mendidik anaknya dengan melihat kondisi psikologis anak yang dibesarkannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI