DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TANTANGAN PEMUNGUTAN PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:DEVI AMALIA RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


Penelitian ini berjudul “Tantangan  Pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam Dan Batuan Di Kabupaten Tanah Bumbu”. Tujuan  penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektivitas pemungutan Pajak  MBLB sebagai sumber PAD Kabupaten Tanah Bumbu, (2) Untuk mengetahui Efisiensi permintaan Pajak MBLB terhadap PAD Kabupaten Tanah Bumbu, (3) Untuk mengetahui kontribusi permintaan Pajak MBLB terhadap PAD Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan runtun tahunan (time series) dari tahun 2010 sampai tahun 2020. Sumber berasal dari (BPPRD) Tanah Bumbu. Adapun analisis yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. 

Hasil dari penelitian dari sisi perhitungan efektivitas menunjukkan  rata-rata sebesar 86,81% dikatakan sudah cukup efektif, untuk tingkat perhitungan efisien rata-rata mencapai 9,46% dengan kategori <20% maka  dikatakan belum  efisien. Sedangkan untuk kontribusi sudah mencapai 70,78%  artinya sudah mampu memberikan kontribusi yang besar atau terhadap PAD di Kabupaten Tanah Bumbu. .

Kata Kunci : Pajak Mineral, Pendapatan Asli Daerah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI