DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA PADANG BANGKAL KECAMATAN SUNGAI PANDAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:WILDA ELYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-27


ABSTRAK

Wilda Elyana, 1720421320041, 2021, Implementasi Kebijakan Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara, dengan dosen pembimbing (1) H.Asmu’i (2) Jamaluddin.

 

Penyaluran dana desa menuntut pemerintah desa melaksanakan pengelolaan  keuangan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dengan kompleksitas permasalahan pembangunan  yang dihadapi desa. Hal yang menjadi tolok ukur dari keberhasilan pelaksanaan pengelolaan keaungan desa di samping bergantung dari penyusunan APBDesa yang baik melalui mekanisme musrenbangdes yang melibatkan partisipasi masyarakat juga dipengaruhi oleh kapasitas dan kompetensi aparatur pemerintah desa dalam melaksanakannya, hal ini tidak bisa dipungkiri karena keberhasilan dan capaian pembangunan yang didukung dengan keuangan desa bisa dilihat dari tingkat kesejahteraan  masyarakatnya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi kebijakan pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban pada Desa Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam implementasi kebijakan pengelolaan keuangan desa tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan  penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan keuangan desa pada Desa Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara masih kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan, belum  terserapnya seluruh pagu anggaran yang tersedia serta masih terjadi keterlambatan penetapan dokumen RKPDesa dan APBDesa, keterlambatan penyaluran dana serta keterlambatan penyampaian laporan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah sumberdaya manusia, informasi dan pembagian potensi.

 

Dalam rangka untuk meningkatkan efektivitas implementasi kebijakan pengelolaan keuangan desa di Desa Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan  Kabupaten Hulu Sungai Utara maka disarankan untuk kedepannya Desa Padang Bangkal agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan keuangan, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perangkat desa dalam pengelolaan dan kepala desa agar melakukan pembagian tugas dan tanggung jawab perangkat desa sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

KATA KUNCI : Implementasi Kebijakan, Pengelolaan Keuangan, Pemerintah Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI