DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Efektivitas Pembelajaran Daring Menulis Teks Persuasi di Kelas VIII SMPN 17 Banjarmasin | |
PENGARANG | : | AZMI KHANIFAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-07-28 |
Khanifah, Azmi. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Menulis Teks Persuasi di
Kelas VIII SMPN 17 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat,
Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Dewi
Alfianti, M.Pd.
Kata Kunci: efektivitas, pembelajaran daring, menulis teks persuasi
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang baru saja diterapkan
pada tahun 2020 ketika adanya wabah Covid-19. Pembelajaran daring ini juga
memberikan tantangan baru kepada pendidik dan peserta didik sehingga mereka
belum mengetahui apakah pembelajaran daring yang telah diterapkan bisa
terlaksana dengan baik atau tidak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring Bahasa Indonesia lebih
khusunya pada materi menulis teks persuasi di kelas VIII, mendeskripsikan
persepsi peserta didik mengenai efektivitas pembelajaran daring menulis teks
persuasi, dan faktor yang menjadi penghambat efektivitas pembelajaran daring
menulis teks persuasi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII-C dan
VIII-D dengan jumlah sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa observasi pembelajaran daring, angket yang disebarkan dengan
bantuan google form, wawancara melalui pesan pribadi, dan dokumentasi.
Analisis datanya terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut: 1) memilah data
yang akan dianalisis. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran. 3)
menganalisis angket. 4) mendeskripsikan wawancara, dan menyimpulkan.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) pelaksanaan pembelajaran
daring masih tergolong kurang maksimal karena kurangnya partipasi peserta didik
dalam pembelajaran. 2) persepsi peserta didik terhadap angket yang telah
diberikan dengan 19 pertanyaan dan 27 penanggap masih tidak efektif karena
masih banyak peserta didik menyatakan tidak setuju dari pertanyaan yang
diajukan. 3) dari hasil wawancara disimpulkan bahwa terdapat faktor penghambat
efektivitas pembelajaran daring menulis teks persuasi pada ciri interaktif dan
adaptif. Pembelajaran tidak interaktif mengakibatkan peserta didik tidak ada yang
ingin bertanya, perlibatan peserta didik dengan teman sejawat, dan keterbatasan
waktu untuk penyampaian materi menulis teks persuasi sehingga penyampaian
materi tidak begitu maksimal. Mengenai pembelajaran kurang adaptif karena
keterbatasan penggunaan alat pembelajaran daring dan keterbatasan kuota internet.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI