DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Pembelajaran Daring Menulis Teks Persuasi di Kelas VIII SMPN 17 Banjarmasin
PENGARANG:AZMI KHANIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


Khanifah, Azmi. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Menulis Teks Persuasi di 

Kelas VIII SMPN 17 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan 

Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas 

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, 

Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (II) Dewi 

Alfianti, M.Pd.

Kata Kunci: efektivitas, pembelajaran daring, menulis teks persuasi

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang baru saja diterapkan 

pada tahun 2020 ketika adanya wabah Covid-19. Pembelajaran daring ini juga 

memberikan tantangan baru kepada pendidik dan peserta didik sehingga mereka

belum mengetahui apakah pembelajaran daring yang telah diterapkan bisa 

terlaksana dengan baik atau tidak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan 

mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring Bahasa Indonesia lebih 

khusunya pada materi menulis teks persuasi di kelas VIII, mendeskripsikan 

persepsi peserta didik mengenai efektivitas pembelajaran daring menulis teks 

persuasi, dan faktor yang menjadi penghambat efektivitas pembelajaran daring 

menulis teks persuasi.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode 

deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII-C dan 

VIII-D dengan jumlah sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data yang 

digunakan berupa observasi pembelajaran daring, angket yang disebarkan dengan 

bantuan google form, wawancara melalui pesan pribadi, dan dokumentasi. 

Analisis datanya terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut: 1) memilah data 

yang akan dianalisis. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran. 3) 

menganalisis angket. 4) mendeskripsikan wawancara, dan menyimpulkan.

Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) pelaksanaan pembelajaran 

daring masih tergolong kurang maksimal karena kurangnya partipasi peserta didik 

dalam pembelajaran. 2) persepsi peserta didik terhadap angket yang telah 

diberikan dengan 19 pertanyaan dan 27 penanggap masih tidak efektif karena

masih banyak peserta didik menyatakan tidak setuju dari pertanyaan yang 

diajukan. 3) dari hasil wawancara disimpulkan bahwa terdapat faktor penghambat 

efektivitas pembelajaran daring menulis teks persuasi pada ciri interaktif dan 

adaptif. Pembelajaran tidak interaktif mengakibatkan peserta didik tidak ada yang 

ingin bertanya, perlibatan peserta didik dengan teman sejawat, dan keterbatasan 

waktu untuk penyampaian materi menulis teks persuasi sehingga penyampaian 

materi tidak begitu maksimal. Mengenai pembelajaran kurang adaptif karena 

keterbatasan penggunaan alat pembelajaran daring dan keterbatasan kuota internet.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI