DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAN GOOD GOVERNANCE DALAM PELAKSANAAN AKTE ONLINE DI DISDUKCAPIL KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:YUDHA WARDHANA TANGKASIANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


 

PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN AKTE ONLINE DI DISDUKCAPIL KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

YUDHA WARDHANA TANGKASIANG ABSTRAK

Pemerintahan yang baik adalah sebuah pelaksanaan penyususnan yang sungguh searah pada prinsip kerakyatan. Rumusan masalah yaitu mengetahui bagaimana pelaksanaanGoodGovernanceDalamPelayananAkteOnlinediDisukcapilKotawaringin Timur. Tujuan studi ini mengetahui tentang Pelayanan Akte Online di Disdukcapil Kotawaringin Timur apakah pelayanan Akte Online di Kantor Disdukcapil Kotawaringin Timur berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip – prinsip pelayanan sesuai dengan prinsip – prinsip GoodGovernance.

Metode Penelitian mengenai pelaksanaan Good Governance Dalam Pelayanan AkteOnlinediDisdukcapilKotawaringinTimur,dilakukandenganpendekatanpenelitian kualitatif dengan mengekplorasi dan memotret keadaan tempat yang akan diteliti secara luas. Pendekatan peneltian kualitatif yaitu ingin memberikan sejelas-jelasnya tentang tempat atau gambaran yang akanditeliti.

Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Good Governance dalam Pelayanan Akte Online dikantor Disdukcapil Kotawaringin Timur, masyarakat sudah cukup senang akan adanya pelaksanaan akte online karena tak perlu untuk datang ke disdukcapil Kotawaringin Timur. Pelayanan di disdukcapil kotawaringin timur menggunakan sistem online yang di namakan SIAK (Sistem Informai Administrasi Kependudukan). Jadi segala Kepengurusan Kartu Keluarga Akte Kelahiran di kerjakan dan di daftarkan secara online. Terkecuali pembuatan KTP (Kartu Tanda Pengenal) dan pengambilan KTP dilakukan secara langsung di kantor disdukcapil kotawaringin timur. Dalam pelayanan Akte Online di Disdcukcapil kotawaringin timur juga masih sering terjadi gangguan pada sistem atau server pelayanan online, yang mengakibatkan keterlambatan dalam proses input data yang sedang di kerjakan oleh petugas kantor disdukcapil.

Saran untuk Dinas Kependudukan Dan Penctatan Sipil agar melakukan peningkatan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat agar memberikan kualiatas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan dalam kepengurusan adamnistrasi kependudukan.

 

Kata Kunci :Good Governance, Pelayanan,


IMPLEMENTATION OF GOOD GOVERNANCE IN ONLINE AKTE SERVICES IN DISDUKCAPIL OF EAST KOTAWARINGIN DISTRICT

 

YUDHA WARDHANA TANGKASIANG

 

ABSTRACT

 

Good Governance is an implementation of development that is serious and responsible and in line with the principles of democracy. The formulation of the problem is knowing how to implement Good Governance in Online Certificate Services at the Disukcapil Kotawaringin Timur. This study aim to find about the Online Certificate Service in the East Kotawaringin Disdukcapil whether the Online Certificate service at theEastKotawaringinDisdukcapilOfficeisrunningwellinaccordancewiththeprinciple of service in accordance with the principles of GoodGovernance.

 

Research Methods regarding the implementation of Good Governance in Online Certificate Services at the Disdukcapil Kotawaringin Timur, was carried out with a qualitativeresearchapproachbyexploringandphotographingthestateoftheplacetobe studied extensively. Qualitative research approach, which is to provide as clear as possible about the place or picture to bestudied.

Based on the results of the study, it shows that the implementation of Good GovernanceintheOnlineCertificateServiceattheEastKotawaringinDisdukcapiloffice, the community is quite happy with the implementation of the online certificate because thereisnoneedtocometotheEastKotawaringinDisdukcapiloffice.ServicesattheEast Kotawaringin Disdukcapil use an online system called SIAK (Population Administration Information System). So all the Management of the Birth Certificate Family Card is done and registered online. With the exception of making an identity card (KTP) and taking an ID card, it is done directly at the East Kotawaringin Disdukcapil office. In the Online Certificate service at the East Kotawaringin Disdcukcapil, there are still frequent disruptionstotheonlineservicesystemorserver,whichresultsindelaysinthedatainput process being carried out by the Disdukcapil officestaff.

Suggestions for the Department of Population and Civil Registration to make improvements in providing services to the community in order to provide better service quality to people who really need help in the management of population administration.

Keywords: Good Governance, Service,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI