DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS VIII B SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:FATMI EMILIA PERTIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


ABSTRAK

Pertiwi, Fatmi Emilia. 2021. Pembelajaran Pianika Dengan Metode Tutor SebayaDi Kelas VIII B SMP Negeri 5 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing : (I) Maryanto, M.Sn (II) Muhammad Budi Zakia Sani, M.Pd

Kata Kunci : Pembelajaran, Pianika, Tutor Sebaya

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, menunjukkan bahwa siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Banjarmasin sebagian besar memiliki permasalahan dalam memainkan alat musik pianika, pada saat memainkan pianika dengan lagu ampar-ampar pisang ketepatan permainan pianika tidak selaras, seperti tempo dan notasi/nada. Maka dari itu berdasarkan pengamatan, peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran pianika dengan metode tutor sebaya yang diterapkan oleh guru seni budaya dan keterampilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Dalam 4 kali pertemuan siswa diberikan materi pembelajaran bermain pianika dengan benar dan menggunakan metode tutor sebaya dalam materi lagu ampar-ampar pisang. Pada pertemuan ke 2 guru melakukan  pengambilan nilai individu untuk menentukan tutor sebaya dalam setiap kelompok dan pada pertemuan ke 4 guru melakukan pengambilan nilai kelompok dan sekaligus perbaikan nilai individu. Kelas VIII B dijadikan sampel dalam penelitian ini dari 32 siswa terdapat 25 siswa yang dapat memainkan pianika dengan lagu ampar-ampar pisang sesuai dengan tempo dan notasi/nada yang tepat dengan nilai di atas rata-rata 70-80. Terdapat 6 siswa yang dapat memainkan pianika dengan lagu ampar-ampar pisang sesuai dengan tempo dan notasi/nada yang tepat dengan nilai 61-69. Terdapat 1 siswa yang kurang mampu memainkan pianika dengan lagu ampar-ampar pisang sesuai dengan tempo dan notasi/nada yang tepat dengan nilai 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VIII B mendapatkan nilai di atas 70-80 dan dapat memenuhi standar kompetensi pembelajaran pianika. Penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaranpianika dapat dikatakan bahwa metode ini mampu meningkatkan kemampuan bermain pianika siswa kelas VIII Bdi SMP 5 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI