DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
PENGARANG:Umi Kalsum
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-19


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional
dengan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas IX di SMP Negeri 24
Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 24 Banjarmasin tahun
pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 233 orang. Sampel yang diambil yaitu
berjumlah 147 siswa yang diambil dengan teknik
sampling random purposive.
Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional dan kemampuan
pemecahan masalah fisika berbentuk tes uraian. Analisis data dilakukan dengan
uji korelasi
product moment. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas,
homogenitas, dan linieritas dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data
menunjukkan, nilai r = 0,237 dan signifikansi sebesar 0,004 dengan alpha < 0,05.
Hasil ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan
emosional dengan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas IX SMP
Negeri 24 Banjarmasin.


Kata kunci: kecerdasan emosional, kemampuan pemecahan masalah fisika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI