DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DANA DESA DAN TINGKAT KEMISKINAN DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:DEWI INDAH ROSALINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana desa terhadap penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Banjar dan bagaimana kebijakan pemerintah dalam mengurangi jumlah penduduk miskin.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian campuran yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan objek penelitian dana desa di 19 Kecamatan Kabupaten Banjar tahun 2018-2020 dan sebagai variabel bebas (x) dan tingkat kemiskinan sebagai variabel terikat (y) yaitu jumlah penduduk miskin di 19 Kecamatan Kabupaten Banjar Tahun 2018-2020. Sebagai bahan analisis untuk mengkaji lebih dalam dilakukan wawancara dengan beberapa Kepala Desa dan Dinas PMD Kabupaten Banjar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana data panel dengan model fixed effect.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana desa tidak berpengaruh signifikan terhadap penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Banjar namun, berdasarkan hasil wawancara, dengan kebijakan yang sudah diterapkan saat ini dana desa berpengaruh terhadap penurunan jumlah penduduk miskin walaupun pengaruhnya masih sangat kecil.

Kata kunci: Dana Desa, Pemberdayaan masyarakar, Pembangunan, Kebijakan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI