DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Definisi Perkembangan Antropologi Fisik
PENGARANG:HERMIYANI PRAMEDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


Hermiyani Pramediana, 2021 Definisi Perkembangan Antropologi Fisik. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd. dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Ilmu Antropologi dan Pendidikan IPS merupakan mata kuliah yang terdapat pada Program studi pendidikan IPS FKIP ULM. Materi pada mata kuliah ini mempelajari tentang manusia dari keanekaragaman fisik serta kebudayaan yang dihasilkan oleh manusia sehingga setiap manusia yang satu dengan lainnya berbeda. Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) pada mata kuliah ini disajikan 16 kali pertemuan materi pembelajaran yang disajikan sebagai bahan ajar masih kurang lengkap yang harus disesuaikan dengan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS).

Tujuan penulisan ini untuk menambahkan referensi bahan ajar pada bangku perkuliahan yangdapat mendukung proses belajar mengajar yang dirumuskan dengan bagian yakni: 1) Mendeskripsikan definisi antropologi. 2) Mendeskripsikan ruang lingkup antropologi. 3) Mendeskripsikan perkembangan antropologi. 4) Mendeskripsikan perbedaan antropologi dan sosiologi. 5) Mendeskripsikan konsep antropologi sebagai ilmu murni dan terapan. 6) Mendeskripsikan ciriantropologi fisik dan budaya. 7) Mendeskripsikan perkembangan antropologi fisik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan desain penelitian studi literatur atau tinjauan pustaka dengan mengumpulkan literatur yang terkait untuk keperluan penelitian iniStrategi pencarian literatur dengan penelusuran artikel melalui google scholar. Mekanisme penelusuran data menggunakan kata kunci dari tujuh rumusan masalah. Sintesis data dari studi literatur ini dengan merangkum data-data yang sudah dikelompokan untuk menjawab tujuan pada penelitian ini. 

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Definisi antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang keberagaman fisik dan kebudayaan manusia. 2) Ruang lingkup antropologi adalah kebudayaan dan ciri-ciri biologis manusia. 3) Perkembangan antropologi adalah ilmu yang melewati fase-fase atau tahapan-tahapan pertumbuhan sehingga menjadi ilmu antropologi. 4) Perbedaan antropologi dan sosiologi adalah objek kajiannya. 5) Antropologi sebagai ilmu murni dan terapan adalah teori-teori yang ada dalam antropologi murni digunakan untuk mengaplikasikan dalam kehidupan untuk menyelesaikan masalah-masalah dan mampu membuat perubahan yang ada di masyarakat. 6) Ciri antropologi fisik dan budaya adalah pembagian cabang ilmu antropologi yang objek kajiannya berbeda. 7) Perkembangan antropologi fisik adalah paleontologi dan somatologi kemudian berkembang menjadi paleontologi primata, evolusi manusia, antropometri.

Kata kunci: Antropologi, Pendidikan IPS, Perkembangan Antropologi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI