DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KECEMASAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:LISDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


Selain sekolah sebagai lingkungan pembelajaran, keluarga merupakan lingkungan pembelajaran yang paling utama sebagai peranan lingkungan yang paling penting dan karena tidak ada batas waktunya. Pembelajaran akan berjalan dengan lancar apabila siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan juga dengan adanya perhatian dari orang tua kepada peserta didik tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecemasan,perhatian orang tua dan hasil belajar, menganalisis pengaruh kecemasan, perhatian orang tua dan hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriftif dengan populasi 1914 siswa kelas X jurusan IPA SMA Negeri se-Kota Banjarmasin. Pengambilan data menggunakan teknik proposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 609. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan dan skala perhatian orang tua, untuk hasil belajar digunakan dokumentasi berupa hasil ulangan akhir semester ganjil 2019/2020. Berdasarkan hasil analisiss deskriftif bahwa kecemasan berada pada katagori sedang dan perhatian orang tua berada pada katagori tinggi sedangkan hasil belajar berada pada katagori cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel bebas ( kecemasan dan perhatian orang tua) dengan variabel terikat (hasil belajar).

Kata kunci : Hasil Belajar, Kecemasan, Perhatian orang tua.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI