DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PENERAPAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:ISTIKHARIYATI KARIMA GAZALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


ISTIKHARIYATI KARIMA GAZALI, 1710413220011, 2021. “Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Kecamatan Banjarmasin Utara” dibawah bimbingan Saifudin selaku pembimbing.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di Kecamatan Banjarmasin Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan sebagai informan penelitian adalah Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Satgas COVID-19 Kecamatan Banjarmasin Utara, penanggungjawab tempat pelayanan publik, penegak kebijakan, pelaku usaha, dan masyarakat. Fokus penelitian menggunakan teori Van Meter dan Van Horn yaitu, ukuran-ukuran dasar dan tujuan-tujuan kebijakan, sumber-sumber kebijakan, aktivitas implementasi dan komunikasi antar organisasi, karakteristik dari para pelaksana atau implementor, kondisi ekonomi, sosial, dan politik, dan kecenderungan dari para pelaksana atau implementor.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan terhadap penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di Kecamatan Banjarmasin Utara masih belum tercapai. Hal ini terlihat dari indikator Ukuran-Ukuran Dasar dan Tujuan-Tujuan Kebijakan yang belum berjalan dengan baik karena masih banyak yang tidak mematuhi kebijakan protokol kesehatan dan kurang tegasnya petugas dalam memberikan sanksi dikarenakan kebijakan ini hanya di tingkat Peraturan Walikota. Sumber-Sumber Kebijakan protokol kesehatan ini didukung oleh dana yang dibebankan pada APBD Kota Banjarmasin, akan tetapi sarana prasarana yang masih kadang-kadang terpenuhi. Kondisi Ekonomi, Sosial dan Politik sangat berdampak negatif di setiap lapisan masyarakat. Namun dilihat dari indikator Aktivitas Implementasi dan Komunikasi Antar Organisasi sudah sesuai, setiap pihak yang terlibat dalam kebijakan protokol kesehatan di Kecamatan Banjarmasin Utara saling berkoordinasi. Karakteristik dari Para Pelaksana memiliki hubungan cara kerja yang baik, dikarenakan disetiap kegiatan dikoordinasikan terlebih dahulu, kemudian melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Dan Kecenderungan dari Pelaksana terhadap kebijakan protokol kesehatan ini disetujui untuk diimplementasikan, karena memiliki tujuan yang sesuai dengan keadaan pandemi COVID-19 saat ini.

            Kepada Pemerintah Kota Banjarmasin perlu membuatkan buku pedoman yang diperuntukkan untuk masyarakat dan kepada pelaksana untuk menjalankan Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 68 Tahun 2020, masyarakat setempat perlu mematuhi kebijakan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti pandangan agama Islam terhadap kebijakan protokol kesehatan.

 

Kata kunci : implementasi kebijakan, protokol kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI