DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MINAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PESERTA DIDIK
PENGARANG:TEGUH PUTRA RIDUAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


ABSTRAK

 

TEGUH PUTRA RIDUAN. NIM 1610122310049. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negri 3 Martapura”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2021. Dosen Pembimbing: Dr. H. Sarmidi, M.kes AIFO (utama). Dr.Ma’ruful Kahri, M.Pd (pendamping). Dr. Sunarno Basuki Drs, M.kes (penguji).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran pendikan jasmani di SMP Negeri 3 Martapura.

Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 245 orang peserta didik kelas IX. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 orang peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Martapura. Dengan teknik simpel random sampling menggunakan rumus slovin persentase kelonggaran 10%.

Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 3Martapura(1) Tinggi minat belajar peserta didik terhadap pendidikan jasmani kelas VIII sebesar, untuk kategori sangat kurang berminat 5% berjumlah 5 peserta didik, kategori kurang berminat 5% berjumlah 5 peserta didik, untuk kategori cukup berminat 50% berjumlah 47 peserta didik, untuk kategori berminat 33% berjumlah 31 peserta didik, dan untuk kategori sangat berminat 7% berjumlah 7 peserta didik. (2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 75,9%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil pembelajaran penddikan jasmani melalui daring di SMP Negeri 3Martapuraberpengaruh sebesar 75,9%.

Kata Kunci : Minat, Hasil dan Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI