DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KONTEKS PADA NOVEL “PERAHU KERTAS” KARYA DEWI LESTARI
PENGARANG:Risa Anisa
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-20


Kata Kunci: analisis, konteks, novel
Analisis merupakan proses mengurai sesuatu hal menjadi berbagai unsur yang terpisah untuk memahami sifat, hubungan, dan peranan masing-masing unsur. Pada penelitian ini peneliti hanya akan menganalisis konteks. Konteks merupakan unsur luar bahasa yang membangun tuturan atau wacana, serta makna yang terkandung di dalamnya. Peneliti menganalisis konteks yang terdapat pada sebuah novel. Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan biasanya dalam bentuk cerita. Pada penelitian ini peneliti akan menganalisis novel Perahu Kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konteks fisik, (2) konteks epistemis, (3) konteks linguistik, dan (4) konteks sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mempermudah pemahaman dan pemaknaan yang terdapat dalam suatu ujaran atau percakapan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa uraian cerita, ungkapan cerita, ungkapan perkataan, kata-kata tertulis, dan perilaku yang diamati dalam novel tersebut.
Hasil penelitian terdapat empat jenis konteks, yaitu konteks fisik merupakan tempat terjadinya peristiwa tutur, tempat yang ditemukan berbeda-berbeda, di antaranya peristiwa tutur terjadi di pantai, pada percakapan ditemukan konteks fisik sebanyak 7 kutipan, konteks epistemis menyangkut latar pengetahuan yang dimiliki antartokoh sebanyak 24 kutipan, konteks linguistik merupakan keterpaduaan kalimat yang sebelumnya dengan selanjutnya sebanyak 19 kutipan, dan yang terakhir konteks sosial merupakan hubungan antartokoh yang terdapat di dalam novel Perahu Kertas di antaranya hubungan keluarga sebanyak 37 kutipan. Konteks paling dominan yang terdapat dalam novel Perahu Kertas adalah konteks sosial yaitu hubungan antartokoh yang beragam. kepada pembaca, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan pengetahuan yang nantinya mempermudah pemahaman mengenai konteks dan jenis-jenis konteks, serta untuk peneliti selanjutnya agar memperhatikan masalah yang dapat menjadi perhatian pokok terkait dengan analisis konteks pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan novel Perahu Kertas, karena analisis konteks masih banyak lagi yang dapat dikaji selain dengan pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI