DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SE-SMP NEGERI DI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD AHYA NOPIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


ABSTARK

 

Muhammad Ahya Nopianor, NIM. 1610122210025, Analisis Kesiapan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  Se-SMP Negeri di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing utama Dr. Herita Warni, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Dr. AR. Shadiqin, M. Kes., AIFO.

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk  memberikan gambaran kesiapan perangkat pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Se-SMP Negeri di kecamatan kandangan kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Metode penelitain ini merupakan penelitaian deskriptif kuantitatif yang memberikan gambaran tentang objek yang diteliti. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan angket sebagai instrumennya. Sugiyono (2013: 2) menyatakan metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dengan metode survei, peneliti akan mengumpulkan data mengenai kesiapan perangkat pembelajaran dan kemudian dilakukan analisis.

Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Semua populasi dijadikan sebagai objek sehingga penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Menurut Sugiyono (2015: 60) total sampling atau sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Dapat disimpulkan bahwa Kurangnya Kesiapan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Se-SMP Negeri Di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.  dari hasil bukti perangkat pembelajaran yang diterima peneliti dengan skor rata-rata 26,19%. Hasil sebaran Kesiapan Perangkat Pembelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan pada umumnya pendidik PJOK yang menyiapkan Silabus dengan skor rata-rata 57,14% , RPP 85,71%, Media Pembelajaran 0%,, Bahan Ajar 14,28% , Lembar Kerja Peserta Didik 0%, dan Evaluasi Peserta Didik 0% , Ada ditemui di SMP Negeri 8 Kandangan tidak menyiapkan semua perangkat pembelajarannya, sehingga pendidik PJOK tidak siap dalam merencanakan perangkat pembelajaran , serta beberapa perangkat pembelajaran yang diterima peneliti tidak sesuai dengan kurikulum yangada.

 

Kata Kunci: Kesiapan, Perangkat Pembelajaran, SMP, Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI