DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN UPACARA BENDERA DALAM MENUMBUHKAN JIWA NASIONALISME PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD AL HISNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-28


 

ABSTRAK

 

Muhammad Al Hisni,  2021.  Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin. SkripsiProgram Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,      Jurusan  PendidikanIlmu   Pengetahuan   Sosial   FKIP   Universitas LambungMangkurat.Pembimbing(I) Zainul Akhyar, Pembimbing(II) Suroto.

 

Kata kunci: Upacara Bendera, Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Siswa.

 

Pelaksanaan upacara bendera merupakan salah satu upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme yang dilakaksanakan dilingkungan pemerintahan dan juga dibidang pendidikan. Namun upcara bendera tidak akan mencapai tujuannya apabila didalam pelaksanaan nya tidak dijalankan dengan tertib, khidmat dan baik.

 

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan upacara yang belum sesuai dengan pedoman yang ada sehingga suasana yang seharusnya tidak tercapai, (2)Keminiman pengetahuan siswa akan nilai-nilai nasionalisme kebangsaan yang terkandung dalam upacara bendera, (3) Para siswa peserta upacara belum memaknai dan  menerapkan sikap nasionalisme dan patriotisme yang ada dalam rangkaian kegiatan upacara bendera.

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan upacara bendera dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa. Peneletian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber datadipilihsecara Purposive Sampling,denganteknikpengumpulandatamenggunakan observasi,wawancara,dandokumentasi.Data diperoleh dandianalisisdengantiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Secara keseluruhan pelaksanaan upacara bendera di SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin berjalan dengan baik karna hanya sedikit sekali siswa yang tidak displin dibandingkan dengan yang disiplin. 2) Pelaksanaan upacara bendera sangat berperan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri siswa SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin hal tersebut terbukti siswa mampu merakasan bagian dari upacara bendera yang menumbuhkan jiwa nasionalisme seperti sikap disiplin, tanggung jawab, cinta tanah air dan bela negara dan bangsa.

Peneliti memberi saran agar sekolah dapat memberikan sanksi yang lebih apabila siswa kedapatan berulang-ulang kali melakukan tindakan tidak disiplin saat melaksanakan kegiatan upacara bendera. Serta bagi Dinas Pendidikan agar lebih memperhatikan kebijakan dalam bidang pelaksanaan disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI