DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:Nuryani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-29


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui implementasi dari Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Barito Utara dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi dari program Jaminan Kesehatan Nasional dengan menggunakan model implementasi kebijakan publik yang dikemukakan oleh George C. Edward III dengan menunjuk empat faktor/variabel yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi, yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui empat alur kegiatan yang merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan yaitu (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data dan (4) Penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan komunikasi: koordinasi antar instansi terkait dirasa kurang maksimal, terutama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna singkronisasi data penduduk, sumberdaya: kurangnya tenaga kesehatan yang tersebar pada desa-desa karena banyak tenaga kesehatan yang menumpuk di kota, disposisi: kesadaran orang-orang yang terlibat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Barito Utara sangat rendah, struktur birokrasi: banyaknya prosedur yang harus dilakukan peserta JKN ketika akan mendapatkan layanan Kesehatan, karena prosedur yang rumit sangat berpengaruh pada keberhasilan program.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI