DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Video Pembelajaran Materi Perbandingan Berbasis Budaya Banjar untuk Siswa SMP Kelas VII
PENGARANG:ST. MALIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-29


Abstrak. Materi perbandingan adalah salah satu materi dalam matematika yang dapat dikaitkan dengan konteks budaya lokal yang ada di kehidupan sehari-hari siswa. Selain dapat memperkenalkan budaya yang ada, materi perbandingan yang dikaitkan dengan budaya lokal juga diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di SMPN 1 Bati-bati, kesulitan siswa pada materi perbandingan adalah kesulitan dalam memahami konsep. Selain itu, pada masa pandemi wabah covid-19, siswa akan kesulitan mempelajari materi perbandingan jika hanya dengan membaca buku saja, sehingga perlu adanya sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar secara jarak jauh dari rumah. Salah satu media yang cocok adalah berupa video pembelajaran. Materi perbandingan yang dikaitkan dengan konteks budaya Banjar dan dikemas dalam bentuk video pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan video pembelajaran materi perbandingan berbasis budaya Banjar untuk siswa SMP kelas VII yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang meliputi tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun, penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap ketiga. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh validator. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Uji validitas dari produk penelitian pengembangan ini dilakukan oleh dua validator ahli materi dan satu validator ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,58 dengan kriteria valid. Kemudian, hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 3,18 dengan kriteria valid. Sehingga berdasarkan penilaian ini, dihasilkan video pembelajaran berbasis budaya Banjar untuk siswa SMP kelas VII dengan kriteria valid.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Video, Perbandingan, Budaya Banjar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI