DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IX SMPN 24 BANJARMASIN
PENGARANG:TRI REZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-29


ABSTRAK

Tri Rezki, 2021. Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing(I)IbuRabiatulAdawiahPembimbing (II) Bapak Dian Agus Ruchliyadi...

 

Kata Kunci?Kata Kunci :ImplementasiDiscovery Learning, PPKn

 

Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pandangan kontruktivisme.Model ini menekankan pentingnya pemahaman struktur atau ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu. Melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Maka peneliti akan memfokuskan batasan masalah pada (1)bagaimanalangkah-langkah guru PPKn  di SMPN 24 Banjarmasin dalam melaksanakan model pembelajaran Discovery Learning(2) bagimana aktivitas belajar siswa di SMPN 24 Banjarmasin dengan Menggunakan  model pembelajaran Discovery Learning (3)Implementasi model pembelajaran Discovery Learning di SMPN 24 Banjarmasin.?

Penelitian ini bertujuan langkah-langkah guru PPKn di SMPN 24 Banjarmasin dalam melaksanakan model pembelajaran Discovery Learning dan Mengetahui Implementasi model pembelajaran Discovery Learningdi SMPN 24 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif.Sumber data dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan.?

Hasil penelitian Implementasi model discovery learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IX SMPN 24 Banjarmasin melalui tiga tahapan yaitu menganalisis kasus yang telah dibuat oleh guru, tahapan yang kedua peserta didik dituntut untuk menganalisi dan memberikan jawaban atau pendapat mengenai kasus yang berikan guru, dan tahap ketiga peserta didik meriview materi yang telah di ajarkan dan melakukan “cerdas cermat”. Proses belajar mengajar menjadi aktif di dalam  kelas, siswa lebih giat dan termotivasi untuk terus belajar dan mereka memiliki keberanian menyampaikan pendapat atau gagasan yang mereka temukan sendiri. 

Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan untuk para guru pengajar PPKn SMPN 24 Banjarmasin agar ada strategi baru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning di dalam kelas..

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI