DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Air Asam terhadap Pemampatan Campuran Claystone dan Bentonite
PENGARANG:JEANE MONICA -1259
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-29


ABSTRAK

Pengelolaan sampah perkotaan di Indonesia umumnya masih menggunakan cara penimbunan sampah langsung di tempat pemrosesan akhir (TPA). Diperlukan upaya untuk mencegah infiltrasi air lindi ke dalam tanah  dan membuat TPA aman terhadap lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan membuat lapisan kedap terhadap air lindi yang disebut dengan istilah liner. Di daerah rawa, clay liner sangat mungkin berinteraksi dengan air asam selain air hujan atau lindi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh air asam terhadap kompresibilitas campuran claystone dan bentonite (termasuk di dalamnya swelling potential)yang dapat digunakan sebagai lapisan mineral pada TPA.

Air asam dengan pH ±3,7 diambil dari Desa Tanipah, Barito Kuala. Pengujian konsolidasi dilakukan pada beberapa tipe campuran sampel yang dibuat berdasarkan variasi kadar bentonite yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% dengan kepadatan sampel 1,60 t/m3 dan kadar air 10%, 15%, dan 20%. Uji konsolidasi dilakukan berdasarkan SNI 03-2812-2011 dengan menggunakan alat eodometer. Setelah itu, dilakukan analisis perbandingan terhadap sampel yang diuji menggunakan air tawar berdasarkan hasil penelitian sebelumnya.

Dari pengujian tersebut, dilakukan analisis data yang memperlihatkan terjadinya  susut pada kadar air 20%  ketika sampel berinteraksi dengan air asam. Sedangkan nilai  cc dan cs meningkat seiring bertambahnya kadar bentonite. Hal ini juga dipengaruhi oleh air asam dimana semakin rendah pH air, maka semakin besar pula nilai  cc dan cs. Pada kadar bentonite yang sama, sampel dengan kadar air mula-mula lebih rendah menghasilkan koefisien cc dan cs yang lebih tinggi. Waktu pemampatan juga dipengaruhi oleh kadar bentonite, dimana semakin tinggi kadar bentonite, koefisien cv cenderung semakin kecil. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh air asam dimana semakin rendah pH air, maka semakin kecil pula nilai  cv.

 

Kata kunci: claystone, bentonite, pemampatan, penurunan, swelling, indeks pemampatan (cc), indeks pemuaian (cs), koefisien konsolidasi (cv), clay liner

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI