DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF (MENCERITAKAN KEMBALI APA YANG DI DENGAR DENGAN KOSA KATA LEBIH) MELALUI METODE BERCERITA DAN MEDIA ANIMASI PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN
PENGARANG:WAHIDATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-29


Husna, 2021. “Mengembangkan Bahasa Reseptif (Menceritakan Kembali Apa Yang Didengar Dengan Kosa Kata Lebih) Melalui Metode Bercerita Dan Media Animasi Pada Anak Kelompok B2 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd

 

Kata Kunci : Bahasa Reseptif, menceritakan kembali, metode bercerita dan media animasi

Masalah yang terjadi pada anak kelompok B2 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin adalah rendahnya kemampuan bahasa reseptif menceritakan kembali apa yang di dengar dengan kosa kata lebih. Masalah ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak inovatif dengan metode dan model pembelajaran terbatas dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Penelitian ini dilaksanakan pada 10 orang anak di kelompok B2 di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Pada setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik dan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan bahasa reseptif anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori Baik pada siklus I menjadi Sangat Baik pada siklus II. Aktivitas anak secara klasikal juga mengalami peningkatan dari kategori Sebagian Anak Aktif pada siklus I menjadi Seluruh Anak Sangat Aktif pada siklus II. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari siklus I Belum Berhasil Berkembang menjadi Berhasil Berkembang pada siklus II

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan bahasa reseptif anak menceritakan kembali apa yang di dengar dengan kosa kata lebih melalui metode bercerita dan media animasi pada anak kelompok B2 TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin dinyatakan berhasil.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI