DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENGULANG KALIMAT SEDERHANA DAN MEMPERKARYA PERBENDAHARAAN KATA MENGGUNAKAN KARTU CERMAT (BERCAKAP-CAKAP, ARTIKULASI DAN MODEL MAKE A MATCH) KELOMPOK A RA. NURUL HUSNA BANJARMASIN
PENGARANG:RISMA NOR ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


 

ABSTRAK

 

Annisa, Risma Nor. 2021. “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengulang kalimat Sederhana Dan Memperkaya Perbendaharaan Kata Menggunakan Kartu Cermat Kelompok A RA. Nurul Husna Banjarmasin”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci : Bahasa, Mengulang Kalimat Sederhana dan Memperkaya Perbendaharaan Kata, Metode Bercakap-Cakap, Artikulasi dan Make A Match.

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan bahasa dalam mengulang kalimat sederhana dan memperkaya perbendaharaan kata. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesempatan anak untuk mengungkapkan sesuatu saat kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan anak pasif dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa dalam mengulang kalimat sederhana dan memperkaya perbendaharaan kata menggunakan metode bercakap-cakap, artikulasi dan model Make A Match.

 

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah kelompok A di RA. Nurul Husna Banjarmasin dengan jumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif.  Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila terlaksananya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan anak minimal mencapai 80% atau mendapat bintang «««« dengan kategori (BSB).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke 1 memperoleh kriteria baik dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke 3 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak mencapai kategori kurang aktif pada pertemuan ke 1, berkembang hingga mencapai kategori sangat aktif pada pertemuan ke 3 dan hasil perkembangan kemampuan bahasa memperoleh «« kategori Mulai Berkembang (MB) pada pertemuan 1 dan mengalami perkembangan pada pertemuan 3 memperoleh «««« dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

 

Disimpulkan bahwa kartu cermat berhasil meningkatkan aktivitas anak serta hasil perkembangan yang optimal. Disarankan penggunaan kartu cermat sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan bahasa lebih baik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI