DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Motivasi, Self Efficacy dan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
PENGARANG:DINARITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


ABSTRAKSI

 

Dinarita (2021). Pengaruh Motivasi, Self Efficacydan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa PAI Jurusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari). Pembimbing: Hastin Umi Anisah.

 

Minat Berwirausaha merupakan pemusatan perhatian, keinginan, ketertarikan, serta kesediaan mahasiswa pada bidang wirausaha untuk bekerja keras atau berkemauan keras untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi serta berkemauan keras untuk belajar dari kegagalan. Pada penelitian ini, minat yang dimaksud adalah ketertarikan mahasiswa dari mata kuliah pilihan kewirausahaan yang telah dipilih. Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha; (2) untuk menganalisis pengaruh Self Efficacy terhadap minat berwirausaha; (3) untuk menganalisis pengaruh Locus Of Control terhadap minat berwirausaha. 

Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 mahasiswa dari Angkatan 2017-2019 yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang dimana semua anggota populasi dipilih secara acak karena jumlah populasi banyak dan memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Data yang telah dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (2) Self Efficacy tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, dan (3) Locus Of Controlberpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa jurusan PAI FTK UIN Antasari.

 

Kata kunci: Minat Berwirausaha, Motivasi, Self EfficacyLocus Of Control

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI