DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGURUTKAN BENDA BERDASARKAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, MODEL PAIR CHECKS DENGAN PERMAINAN SMILE CIRCUIT PADA KELOMPOK B PAUD TERPADU INSAN KAMIL BANJARMASIN
PENGARANG:NOR ASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


ABSTRAK

Nor Asiah. 2021. Mengembangkan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Model Pair Checks,  dengan Permainan  Smile Circuit pada Kelompok B PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kognitif. Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran, Model Picture And Picture, Model Pair Checks,. Permainan Smile Circuit.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada perkembangan aspek kognitif anak dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran di PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin, yaitu anak sering merasa bosan, kurang fokus, kurang percaya diri, serta kurangnya minat dan antusias dengan kegiatan pembelajaran terutama kegiatan dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran menggunakan kombinasi model Picture And Picture, model Pair Checks dengan permainan Smile Circuit.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah anak kelompok B2 PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin dengan jumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data  yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥80% atau mendapat bintang««« dan ««««.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke 1 memperoleh kriteria baik dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke 4 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori cukup aktif pada pertemuan ke 1, berkembang hingga mencapai kategori sangat aktif pada pertemuan ke 4 dan hasil perkembangan kognitif anak memperoleh kategori Mulai Berkembang (MB) pada pertemuan 1 dan mengalami perkembangan pada pertemuan 4 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model Picture And Picture, model Pair Checks dengan permainan Smile Circuit dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran  pada anak kelompok B2 PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin. Disarankan penggunaan model Picture And Picture, model Pair Checks dengan permainan Smile Circuit dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan kognitif lebih baik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI