DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Tingkat Rendaman Terhadap Efisiensi Kerja Turbin Archimedes Screw Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
PENGARANG:DANI SURYA HAMONANGAN SILALAHI-1103
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-30


Dengan semakin berkurangnya sumber energi yang berasal dari fosil, maka salah satu alternatif sumber energi yang bisa menggantikannya adalah sumber energi terbarukan. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan yaitu energi air, energi matahari, energi angin, dan biomassa.Pembangkitan daya listrik yang bersumber dari energi air salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan model Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro sederhana menggunakan turbin achimedes screw yang bertujuan untuk mengetahui performanyadengan debit 2 l/s dan kemiringan turbin 300 dan variasi level rendaman 0,3 I ; 0,5 I ; 0,7 I yang dilakukan sebanyak 5 kali setiap variasi level rendamannya . Hasil pengujian menunjukkan nilai torsi, daya hidrolis, daya mekanik, daya generator dan efisiensinya semakin berkurang.

Kata Kunci: Archimedes Screw, Mikro Hidro, Level Rendaman, Performa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI